Dynamips merupakan emulator yang cukup bagus untuk belajar konfigurasi router, khususnya untuk platform 1700, 2600, 3600, 3700, and 7200 series. Untuk menakses dynamips, diperlukan Dinagen sebagai front-end untuk dynamips, dynagen dibuat menggunakan bahasa pyton yang bekerja dengan system virtual network. Cukup basa-basi nya, skarang mulai tutornya.

Pertama cari softwarenya di http://sourceforge.net, dgn nama lebih kurang kayak gini : dynagen-0.10.1_dynamips-0.8.0-RC1_Win_XP_setup.exe. dan install hingga akhirnya di desktop akan ada 3 shortcut yaitu Dynamips Server.bat, Network device list.bat, dan Dynagen Sample Labs(folder shortcut ke C:\Program Files\Dynamips\sample_labs).

Kedua, Jalankan Dynamips Server.bat untuk memulai Dynamips.

Untuk memulai emulatornya, jalankan Dynagen dgn cara mengeksekusi file .net yg ada pada folder Dynagen Sample Labs. Setiap folder mewakili virtual labs yang ada, dalam setiap folder tsb terdapat file seperti ethsw1.net, simple2.net, dan lain2 (file konfigurasi). Contoh berikut ini jika kita menjalankan file frame_relay1.net pada folder frame_relay.

dgn perintah List, dapat diketahui bahwa pada virtual network ini terdapat 4 buah router (R1, R2, R3, dan F1). Untuk mengakses dan mengkonfigurasi nya, jalan kan aja telnet <name_router>

Untuk mengubah jenis router yang akan di emulatorkan :

1. download image IOS router yang diinginkan (ekstensi .bin atau .image) – ingat Dynamips versi ini hanya mendukung router 1700, 2600, 3600, 3700, and 7200 series.

2. tempatkan image IOS pada suatu folder.

3. Edit salah satu file konfigurasi .net yang ada, dan rubah baris image = , arahkan ke folder dari file image IOS yang terlah didownload tadi.

4. Hapus semua file yang berada satu folder dgn file konfigurasi .net yang bersangkutan.

5. Jalankan kembali file konfigurasi .net dynagen nya.
Sekain tutorial nya, sekarang anda bisa belajar bagaimana mengkonfigurasi suatu cisco router tanpa perlu punya / membeli cisco, dan tanpa mengkoneksikan pc ke cisco.

–=(+) (+)=–