BUZZ!!!
Ari Rahman: ya bos
wendy ardhira: pagi pak ari… gimana kabar nya?
Ari Rahman: Alhamdulillah baek
Ari Rahman: gimana kabar pak wendy?
wendy ardhira: sama, alhamdulillah baek jg… ict nya gmn pak?
Ari Rahman: lancar aja pak….
wendy ardhira: kliatannya sibuk bgt akhir2 ini
Ari Rahman: hehehe
Ari Rahman: iya nih pak
Ari Rahman: sibuk di sekolah sih
Ari Rahman: soal nya anak anak lagi nyelesain project work sebagai tugas akhir
wendy ardhira: oo.. sukses deh buat pak ari..
Ari Rahman: Thankss….pak..atas support nya
Ari Rahman:

wendy ardhira: oo iya pak, saya perlu bantuan pak ari, boleh ga?
Ari Rahman: boleh, sejauh saya mampu…..dan bisa
wendy ardhira: gini pak, saya mau pasang wlan untuk menghubungkan 2 lokasi beda tmpat pake wireless, tapi saya ga tau caranya gmn… (blm pernah). pak ari punya modul atau apa aja yg bisa saya baca2 dan plajari…
wendy ardhira: soalnya ict byk pake wireless kan…
Ari Rahman: iya pak
Ari Rahman: kalau boleh tau, pak wendy pake merk apa untuk wireless nya ?
Ari Rahman: dan alat nya apa aja yang sudah ada sama pak wendy
Ari Rahman: dan jarak antara kantor yan di hubungkan dengan wireless itu
wendy ardhira: saya blum punya apa2, krn itu saya cari referensi dulu…
wendy ardhira: jaraknya sekitar 5kiloan pak…
Ari Rahman: ohh..
Ari Rahman: ok
Ari Rahman: kalau untuk 2 kantor itu
Ari Rahman: misal Kantor A dan B
Ari Rahman: itu istilah di wireless nya kita melakukan Point to Point
Ari Rahman: alat yang saya pernah pake yaitu
Ari Rahman: untuk Antena itu memakai antena semi Grid 24dB
Ari Rahman: untuk Radio Wireless nya memakai Senao 400mW
Ari Rahman: dan kelengkapan yang kecil kecil lain nya
Ari Rahman: biasanya udah satu paket sama si senao tadi
Ari Rahman: itu dari segi bahan ya pak…
wendy ardhira: senao itu merek ya pak?
Ari Rahman: iya..
Ari Rahman: merk itu pak
Ari Rahman: kalau mau, saya jualan juga kok pak…
Ari Rahman:
wendy ardhira:
Ari Rahman: ok terus….untuk settingan nya…tidak terlalu sulit
wendy ardhira: ntar dulu pak…
Ari Rahman: soal nya biasanya semua radio wireless itu web base
wendy ardhira: itu smua cocok ga klu kedepannya bisa kemungkinan dikembangkan jd point to multipoint
Ari Rahman: yup bisa pak
Ari Rahman: si senao tadi di Mode pak
Ari Rahman: Bridge dan AP
Ari Rahman: jadi bisa kita jadikan sebagai wireless client
wendy ardhira: klu point to multi, bagus nya pake antena tipe apa pak?
Ari Rahman: bisa kita jadikan juga sebagai wireless AP
Ari Rahman: kalau untuk point to multipoint
Ari Rahman: kalau untuk AP nya biasanya pake OMNI yang lebih murah
Ari Rahman: kalau mau yang lebih bagus sih pake sektoral
Ari Rahman:
wendy ardhira: kelebihan n kekurangannya apa tu pak?
wendy ardhira: sektoral dan omni?
Ari Rahman: kalau untuk OMNI dia biasanya 360 degree
wendy ardhira: klu omni cukup 1 anten aja yah?
Ari Rahman: tapi daya pancar nya lebih pendek
Ari Rahman: kalau sektoral itu biasanya per degree, misal ada yang 120 dan 90
wendy ardhira: klu omni maksimal brapa kilo pak?
Ari Rahman: OMNI biasanya sich sekitar 3 – 5 km
Ari Rahman: ideal nya
Ari Rahman: itu belum di hitung kalau ada interference dengan….yang lain
wendy ardhira: ok, skrang kita bicara infrastruktur dulu ya pak…
Ari Rahman: yup
wendy ardhira: stelah anten masuknya ke AP lg ya?
Ari Rahman: iya
Ari Rahman: yang jadi AP khan misal nya SENAO
wendy ardhira: trus?
Ari Rahman: trus anten nya OMNI
Ari Rahman: itu ada pigtail nya pake kabel coax
Ari Rahman: itu sudah ada paketan nya waktu kita beli omni dan senao
wendy ardhira: dari ap mana lg pak?, lgsg ke switch?
Ari Rahman: iya
Ari Rahman: bisa ke swicth…..
Ari Rahman: tergantung konfigurasi jaringan kita..
wendy ardhira: anti petir dimana pak?
Ari Rahman: anti petir itu biasanya di tower atau tiang yang kita pasang AP tadi
Ari Rahman: atau ada juga lightig arester
Ari Rahman: kalau gak salah gitu tulisan nya
Ari Rahman: itu di pasang di bawah…., tapi saya lupa masang nya antara POE atau gimana gitu
Ari Rahman: agak lupa saya, soal nya udah gak pake itu lagi saya
wendy ardhira: POE apaan tu?
Ari Rahman: Power of Ethernet
Ari Rahman: jadi..untuk power listrik itu di lewatkan dari kabel UTP untuk ke AP nya…dan menggunakan media PoE tadi pak
wendy ardhira: oo say apernah dengar, nyambung nya kemana pak?
wendy ardhira: pasang nya keman?
Ari Rahman: AP ———kabel UTP —— PoE — Swicth
Ari Rahman: di PoE itu ada 2 port Ethernet
Ari Rahman: 1 ke AP
Ari Rahman: 1 ke LAN
wendy ardhira: ok say paham pak,… klu untuk anti petir di tiang tad gmna pasang dan apa alatnya pak?
Ari Rahman: kalau untuk anti petir itu…saya kurang tau ya pak
Ari Rahman: biasanya…saya suruh aja tukang yang bikin tower atau tukang listrik yang masan gnya
Ari Rahman: tapi kalau..yang tiang nya gak tinggi ya..gak pake anti petir
wendy ardhira: ooo gitu ya…
Ari Rahman: yupss..pak
wendy ardhira: masalah pointing gmn pak?
wendy ardhira: ada alat lain ga?
wendy ardhira: maaf ya pak saya terlalu byk tanya…
wendy ardhira:
Ari Rahman: gpp pak, bagus aja bapak nanyaa..
Ari Rahman: dari pada…bapak gak nanya..ntar sesat di jalan
Ari Rahman: hehehe
Ari Rahman: kalau masalah pointing itu tidak terlalu sulit pak
Ari Rahman: yang penting kita tahu arah
Ari Rahman: dan jangan sampai ada gedung tinggi di depan kita
wendy ardhira: jadi arah antennya kita kira2in gitu aja ya?
Ari Rahman: iya pak..
Ari Rahman: kalau yang mau canggih pake GPS
wendy ardhira: katanya pake gps, kompas n peta sgala pak..
Ari Rahman: tapi biasanya saya gak pake itu pak..
Ari Rahman: kalau gps, kompas, peta itu ntuk yang canggih
Ari Rahman: tapi sementara ini saya tidak pernah pakai itu pak
Ari Rahman: dan lancar lancar aja..
wendy ardhira: jd pointing manual nih critanya…
Ari Rahman: yupss..pak
Ari Rahman: hehehe
Ari Rahman: maklum…orang gunung…
Ari Rahman: hehehhehee
Ari Rahman:
wendy ardhira:
wendy ardhira: ngecek kedua antennya udah konek gmn pak?
Ari Rahman: khan di Radio nya kita bisa setting IP Nya
Ari Rahman: ya tinggal di Ping aja pak ke radio yang kita tuju
wendy ardhira: di AP nya?
Ari Rahman: Yupzz
wendy ardhira: untuk mengetahui kualitas sinyal nya?
Ari Rahman: biasanya kalau sudah terkoneksi itu..langsung ada hasil nya
Ari Rahman: tinggal kita putar putar aja arah nya…biar mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi
wendy ardhira: maksud hasilnya?, kita liat dimana?
Ari Rahman: di AP nya itu
wendy ardhira: emang di ap nya itu ada pa pak?
wendy ardhira: waduh katrok bgt deh gua…
Ari Rahman: khan ada konfigurasi konfigurasi
Ari Rahman: semacam OS kecil lah
Ari Rahman: kita mau setting IP
Ari Rahman: mau rubah password
Ari Rahman: dan lain lain
Ari Rahman: ada disitu pak
wendy ardhira: ooo… konfig nya pake browser gt ya?
Ari Rahman: Yup, betul sekali pak
wendy ardhira: lanjut pak…
wendy ardhira: klu ada gedung tinggi solusi nya gmn pak?
wendy ardhira: ga mgkin kan gedung nya dipindahin…
Ari Rahman: ya ditinggikan tiang atau tower kita
wendy ardhira: ooo
wendy ardhira: terakhir pak…
wendy ardhira: maintenance wireless ni susah ya pak?
Ari Rahman: gak pak
Ari Rahman: gampang aja kok
wendy ardhira: klu di ict konek ke masing2 skolah itu paka router ga?
Ari Rahman: pake
wendy ardhira: jd dr ap masuk ke router dulu ya…
Ari Rahman: masuk ke hub
Ari Rahman: soal nya AP kita ada 3 buah
Ari Rahman: trus dari hub kita masuk an ke router
wendy ardhira: bisa ga pak 1 AP untuk byk anten?
wendy ardhira: ada ga AP kaya gitu?
Ari Rahman: ada pak
Ari Rahman: tapi di tambah pake spliter
wendy ardhira: waduh, makanan apa lg nih … spliter…
Ari Rahman: 1 AP bisa di pake 3 Antena
wendy ardhira: mmm…
Ari Rahman: Spliter namanya pak..
wendy ardhira: btw… brpa harga senao nya pak?, skalian sm anten omni?
wendy ardhira:
Ari Rahman: 1,5 senao
Ari Rahman: omni 1jt
Ari Rahman: bentar…bos…aku restart komp
wendy ardhira: oklanjut…
Ari Rahman: ok gimana bos?
wendy ardhira: saya ada AP merk DLink, tapi buat indoor, bisa dipake buat outdoor ga?
wendy ardhira: DLink DWL-2000AP+
Ari Rahman: bisa
wendy ardhira: pake box plastik yah…
wendy ardhira: beda nya mode ap dgn bridge tu pa bos?
Ari Rahman: AP untuk Access Point
Ari Rahman: Bridge untuk Client
wendy ardhira: brarti untuk kasus yg tadi kita pake mode AP ya?
Ari Rahman: yu[
wendy ardhira: makan siang dulu bos…
Ari Rahman has signed out. (3/28/2008 1:12 AM)