Salah satu perbedaan yg cukup mencolok antara WSUS 2.0 dgn 3.0 adalah, pada versi 2.0 seorang administrator mampu me-manage WSUS Server nya dari komputer manapun menggunkana web browser, cukup dgn megarahkan URL ke http://server_name:8530/WSUSAdmin/. Fasilitas ini tidak tersedia pada WSUS 3.0 (mungkin karena alasan keamanan, atau yg lain, saya juga ga tau). Sebagai gantinya, microsoft menyediakan WSUS Administration Console Only, untuk mengatur WSUS Server dari komputer lain yang mempunyai trust relationship dgn server WSUS tersebut (alias dalam domain yang sama).

Persyaratan untuk menggunakan fasilitas ini, pada sisi client adalah ( pada tutor ini menggunakan Windows XP SP3) :

1. Microsoft .NET Framework Version 2.0 Redistributable Package (x86), download di (http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=68935).

2. Microsoft Management Console 3.0 for Windows XP Service Pack 2, download pada (http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=86951).

3. Microsoft Report Viewer Redistributable 2005, available on the Microsoft Download Center (http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=70410).

4. User yang menggunakan komp client dimana WSUS Server akan di-manage harus member dari groups Administrator atau Wsus Administrator (untuk akses full) atau group Wsus Reporter (read only access).

5. Komputer client tsb harus satu domain dgn WSUS Server, artinya harus memiliki trust relationship dg WSUS Server.

Paket software untuk fasilitas ini adalah sama dgn paket WSUS Server, perbedaan waktu instalasinya adalah waktu pemilihan pada bagian Instalation Mode Selection, pada bagian ini kita harus memilih check box Administration Console Only, seperti gambar berikut ini:

3.jpg

Setelah semua syarat terinstal dgn baik, maka pada Control Panel | Administrative Tools (pada komputer client tersebut) akan muncul shortcut Microsoft Windows Server Update Services 3.0. Untuk konek ke WSUS Server, double klik shortcut tersebut sehingga akan muncul window Service Update. Untuk memulai konek, klik Connect to Server… pada bagian kanan window, dana akan muncul window Connect to Server, masukkan Server Name dan Port dari WSUS Server, jika menggunakan SSL, centang Use Secure Sockets Layer (SSL) to connect to this server. dan klik OK. tunggu beberapa saat untuk proses sinkronisasi console dgn WSUS Server…

Troubleshooting :

Jika muncul pesan kesalahn seperti gambar berikut:

5.jpg atau 6.jpg

solusinya adalah kemungkinan ada masalah pada :
1. Kesalahan Server Name, nomor port atau SSL.

2. Kesalahan pada konfigurasi IIS atau web server dari WSUS Server.

3. User tdk member dari groups Administrator atau Wsus Administrator atau Wsus Reporter, pada WSUS Server.

Sekian tutornya…

Moga bermanfaat,…. amin…