Kemarin 16 Desember 2007 dilaksanakan dgn sukses dan lancar ujian seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Pemkot Banjarmasin, ujian dilaksanakan dalam 2 Tahap. Tes Komputensi Dasar (TKD) meliputi dari pukul 09:00 Wita – 11:00 Wita dan Tes Komputensi Bidang (TKB) dari pukul 11:15 Wita – 13.15 Wita. Ujian dilaksanakan di sejumlah sekolah di Kompleks Mulawarman, yakni di SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1 dan SMPN 1. Ulun (bahasa banjar berarti saya) sendiri kebagian tempat di SMPN 1 ruang 6, dimana tiap2 ruangan hanya diisi oleh 20 orang peserta.

Total peserta untuk posisi Pranata Komputer berjumlah 38 orang sedangkan yang dicari hanya 4 orang, kemungkinan lulus lebih kurang 1 berbanding 10. Kebanyakan peserta adalah lulusan D3 karena diBanjarmasin ataupun Kalsel sendiri masih minim lulusan S1, dan katanya lagi nih, sampai saat ini di Kalsel belum ada Universitas yang telah memproduksi Sarjana S1 dibidang Komputer (klu D3 ada). kalaupun ada yang S1 itupun lulusan Universitas di Jawa sana. Muda-mudahan ini dapat memperbesar peluang ulun untuk mendapatkan salah satu dari 4 kursi yang dibutuhkan tersebut. Mudah2an doa mama, papa, adik dan kakak, semua teman2 baik di Padang atau di Banjarmasin, yang pasti doa dan dukungan dari istri dan anakku Khaiza dikabulkan Allah SWT, amin.

Ada salah satu soal yang menurut ulun salah (salah ketik atau emang keliru, ga tau yah) adalah soal no 96, pertanyaan nya lebih kurang begini :

96. 1 bit sama dengan…..

a. sekian byte b. sekian byte c. sekian byte d. sekian byte dan e. 8 byte.

Ulun tidak ingat berapa nilai pasti yang tersedia pada pilhan a, b, c, dan d. tapi semua jawaban yang diberikan dalam satuan byte. Yang ulun ingat hanya pada pilhan e. 8 byte karena itulah jawabannya (tentu jawaban dari jika soalnya telah dikoreksi).

Pertanyaan yang cukup sederhana…. hayooo siapa yang bisa jawab dengan bener???. menurut anda ni soal salah ketik atau ??? mmhh….,,, mmhhh…

Tapi asumsi ulun waktu itu adalah soal salah ketik, jadi ulun hitamkan pilihan jawaban e yang tersedia pada LJK (Lembar Jawaban Komputer), karena 1 byte emang 8 bit, tapi 1 bit bukan 8 byte… “kayaknya menga salah ketik ya?”. Tapi di buku soal ulun berikan penjelasan (mudah2 dapat dilihat oleh panitia) dengan melingkari no 96 tersebut dan menulis Soal Salah atau Salah Ketik.

Setelah pemantauan pada daftar peserta ujian yang ada dimasing2 ruangan, diketahui bahwa peserta terjauh berasal dari Malang, Jakarta dan Padang. Hal ini karena dalam proses penerimaan kali ini Pemkot Banjarmasin tidak mensyaratkan KTP Banjarmasin sebagai syarat mutlak, jadi dapat diikuti oleh peserta dari manapun dengan KTP daerah manapun seluruh Indonesia.